Minggu, 22 April 2012

Definisi Ekonometrika


DEFINISI EKONOMETRIKA
·         Dalam definisi yang sederhana, ekonometrika adalah suatu aplikasi dari metode statistika pada ekonomi. Namun, tidak seperti pada ilmu statistika, yang hanya terfokus kepada data statistik, ilmu ekonometrika merupakan gabungan dari teori ekonomi, matematika, dan statistika. Istilah ekonometrika pertama kali diperkenalkan oleh Ragnar Frisch (1933), seorang pakar ekonomi dan statistika berkebangsaan Norwegia. Ia menjelaskan definisi ekonometrika sebagai berikut: “Terdapat banyak metode kuantitatif sewaktu menganalisis ilmu ekonomi, tetapi tiada satu pun di antara metode kuantitatif tersebut dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dari yang lain untuk menerangkan ekonometrika. Oleh karena itu, ketiga faktor yaitu teori ekonomi, matematika dan statistika sama-sama penting untuk menerangkan hubungan kuantitatif dalam mempelajari ilmu ekonomi.
·         Damodar Gujarati (1983:60)
Ekonometrika: “Pengukuran ekonomi”
·         Gerhard Tintner
Ekonometrika adalah hasil dari suatu pandangan khusus atas peranan ilmu ekonomi, terdiri dari penerapan statistika matematik atas data ekonomi untuk memberi dukungan empiris untuk model yang disusun dengan ilmu ekonomi matematis dan untuk memperoleh hasil dalam angka (numerical results).
·         Thad W. Mirer (1990:vii)
Ekonometrika: “Is designed for courses in economic statistics and introductory econometrics that aim to mix the development of technique with its application to real economic analysis.
·         Wannacott (1989:240)
Econometric is the measurement of the such causal relationship, either to show how the economic operates or to make predictions about the future.
·         Syahrul (2000:150)
Ekonometrika adalah penggunaan analisis komputer serta teknik pembuatan model untuk menjelaskan hubungan antara kekuatan-kekuatan ekonomi utama seperti ketenagakerjaan, modal, suku bunga, dan kebijakan pemerintah dalam pengertian matematis, kemudian menguji pengaruh dari perubahan dalam skenario ekonomi.
·         Arthur S.Goldberger (1964.p.1)
Ekonometrika adalah ilmu sosial yang menggunakan alat berupa teori ekonomi, matematika, dan statistika inferensi yang digunakan untuk menganalisis kejadian-kejadian ekonomi.
·         J.Supranto (1983.p.6)
Ekonometrika merupakan gabungan penggunaan matematik dan statistik untuk memecahkan persoalan ekonomi.
·         Sugiyanto, Catur (1994, p.3)
Ekonometri adalah suatu ilmu yang mengombinasikan teori ekonomi dengan statistik ekonomi dengan tujuan menyelidiki dukungan empiris dari hukum skematik yang dibangun oleh teori ekonomi. Dengan memanfaatkan ilmu ekonomi, matematik, dan statistik, ekonometri membuat hukum-hukum ekonomi teoritis tertentu menjadi nyata.
·         Koutsoyiannis A. (1977)
Econometrics is a combination of economic theory, mathematical economics, and statistics, but it is completely distinct from each one of these three branches of science.

Berdasarkan beberapa pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ekonometrika merupakan cabang dari ilmu ekonomi dengan menggunakan dan menerapkan matematika dan statistika untuk memecahkan masalah-masalah ekonomi yang dibuat dalam suatu model ekonometrik yang kemudian diestimasi hasilnya dan diuji lagi kesesuaiannya dengan teori ekonomi yang sudah ada. Ada beberapa hal yang berkaitan dengan ekonometrika:
1.      Ekonometrika merupakan suatu kombinasi ilmu ekonomi, matematika, dan statistika.
2.      Ekonometrika digunakan untuk menganalisis fenomena-fenomena ekonomi.



DAFTAR PUSTAKA
Andriani, V. 2012. Definisi, Ruang Lingkup, dan Tujuan Ekonometrika. http://www.scribd.com/doc/82272335/Definisi-Tujuan-Ruang-Lingkup-Ekonometrika.
Anonimous. 2004. Bab II. Landasan Teori. http://digilib.petra.ac.id
Bakende, S. 2008. Ekonometrika Modul, http:// www. scribd. com/doc/8614775/ Ekonometrika-Modul, diterjemahkan dari buku KARYA Damodar Gujarati, Essential of  Econometrics, second edition, Irwin McGraw Hill, 1999.
Koutsoyiannis, A. 1977. Theory of Econometrics: An Introductory Exposition of Econometric Methods, Second Edition. United Kingdom: The Macmillan Press Ltd.
Supranto, J. 1983. Ekonometrik, Buku Satu. Lembaga Penerbit FE UI.
Sugiyanto, C. 1994. Ekonometrika Terapan, Edisi 1. Yogyakarta: BPFE.


1 komentar: